Mbak, boleh curhat?

Ya.

Saya pengen ambil KPR Syariah, tapi takut ditipu.. sekarang banyak banget beredar berita penipuan yang mengatasnamakan PERUMAHAN SYARIAH, Maunya yang ready stock aja.. tapi buat yang ready stock pasti bayarnya CASH atau DP cash, tabunganku belum cukup..

Kalo yang indent, khawatir.. kita udah nabung bener2.. ehh ditipu.. pasti rasanya sakit banget..

Yess betul sekali.

Kalo saya balikin bagaimana?

Apakah yang menanggung resiko ditipu itu hanya developer?

Maksudnya?

Ya, developer properti syariah membangun rumah dengan dana sendiri, tanpa ada pendanaan Bank. Baik yang ready maupun yang indent. Katakanlah rumah indent selama 2 tahun. Cicilan ambil yang 10 tahun, Dalam 2 tahun rumah sudah bisa ditempati, Jadi, pembeli hanya naggung resiko selama 2 tahun.. sedangkan developer menanggung resiko selama 8 tahun, belum jika telat bayar, atau nunggak, atau kebakaran (amit-amit) yang nggak dicover sama asuransi, pembeli meninggal dunia misalnya dan nggak ada yang mau meneruskan, atau kemungkinan gagal bayar yang nggak pakai sistem sita atau lelang seperti di KPR bank konvensional.. Yakin nggak Antum bakalan lancar bayar cicilan? Nggak telat? Nggak gagal bayar?

SERIUS NIH, YAKIN LANCAR SEMUANYA SAMPAI SELESAI MASA KREDITNYA??

Loh Mbak kok malah doain saya nggak Amanah?

Bukan, ini saya lagi ngomongin kenyataan. Saya kasih pahitnya, pembeli ada resiko bertemu developer syariah BODONG, Developer syariah juga ada resiko bertemu pembeli BODONG. Makanya apa-apa harus melihat dari dua sisi, tiga sisi, bahkan sejuta sisi. Jangan hanya melihat dari kerugian diri sendiri. Lagipula, tidak adil rasanya.. Kalau 1-2 developer bodong, jadi menyamaratakan dan takut sama sistem syariah.

Wake up!!

Masih banyak developer JUJUR yang berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat muslim akan hunian syariah BEBAS RIBA..

Tapi kok rumah syariah mahal ya?

Mahal dilihat dari apanya?

Kalau nggak cocok bisa minta dicarikan referensi lain yang lebih sesuai, sudah banyak project Rumah Syariah murah.. tapi tentunya ada harga ada kualitas, ada harga ada lokasi.

Kalau Antum cari RUMAH MURAH LUAS DAN BERKUALITAS DI JAKARTA saya nyerah, silakan nabung, beli tanah dan bangun sendiri sedikit demi sedikit.. agar bisa menghitung sendiri biaya membangun rumah di LOKASI BAGUS dan BERKUALITAS seperti yang diinginkan.

Mahal atau Murah itu relatif, tergantung siapa yang menilai.

Yang jelas, Rumah Syariah Harganya sudah jelas ditetapkan di awal, jadi sampai kapanpun harganya segitu, nggak ada tambahan bunga, denda atau sita.

Mengutip dari pernyataan Ustadz Erwandi Tarmizi..

“KPR Syariah memang Mahal tapi itu Halal..sedangkan KPR Konven Terlihat Murah padahal Mahal dan Haram/Riba..
Sama seperti Nikah itu Mahal.. dan Zina itu Murah karena nggak ada Akad..”

Lantas Apakah dengan berdalih memilih yang murah kita terbebas dari Dosa?

Silakan dipikirkan.

0 Komentar